Minggu, 08 April 2012

Wudhu,haji, dan Umrah


Ibadah mahdah artinya penghambaan yang murni  ,hanya merupakan hubungan antara hamba dengan Allah secara langsung.Memiliki  empat prinsip :
1.       Keberadaanya harus berdasarkan adanya dalil perintah.
2.       Tata caranya harus berpola kepada contoh Rasulullah SAW.
3.       Bersifat supra rasional (diatas jangkauan akal).
4.       Azasnya “Taat”.
 Jenis ibadah yang termasuk  ibadah mahdah ,antara lain:
1.       Wudhu.
2.       Tayammum.
3.       Mandi Hadats.
4.       Adzan.
5.       Iqamat.
6.       Shalat.
7.       Membaca AlQur’an.
8.       I’tikaf.
9.       Shiyam(Puasa).
10.   Haji.
11.   Umrah.
12.   Tajhiz al-Janazah.


Ibadah Mahdah memiliki banyak keutamaan-keutamaan didalamnya.Sangat disarankan kepada kita  untuk dapat mengetahui,sehingga akan menjadi motivasi untuk kita  dalam pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari.Adapun keutamaan-keutamaan tersebut akan dipaparkan berdasarkan masing-masing jenis ibadah.

      Wudhu
Keutamaan –keutamaan wudhu diantaranya:
Sudahkah anda berwudhu...??1.       Syarat memasuki shalat
Hai orang-orang yang beriman,apabila kamu hendak mengerjakan shalat,maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai siku,dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki.(Q.S.Al maida:6)
2.       Penghapus dosa kecil dan pengangkat  derajat
Rasulullah bersabda
Maukah kalian aku tunjukkkan tentang sesuatau(amalan) yang dengannya Allah menghapuskan dosa-dosa dan mengangkat derajat-derajat?”. Mereka berkata , “mau,wahai Rasulullah”. Beliau bersabda ,”(amalan itu) adalah menyempurnakan wudhu’ diwaktu yang tak menyenangkan,banyak langkah menuju masjid,dan menunggu shalat setelah menunaikan shalat.itulah pos penjagaan”. [HR.Muslim (586)]
3.       Tanda Pengikut  Nabi SAW
Nabi SAW telah mengabarkan kepada kita bahwa beliau akan mengenali ummatnya di padang mashyar dengan adanya cahaya pada anggota tubuh mereka,karena pengaruh wudhu mereka ketika di dunia.
Perhiasan(cahaya)seorang mukmin akan mencapai tempat yang dicapai oleh wudhu’nya”
[Muslim dalam Ath-Thoharoh,bab:Tablugh Al-Hilyah Haits yablugh Al-wudhu’(585)]
4.       Separuh iman
Al Hafiz ibnu Rojab –rahimahullah berkata. “jika wudhu’ bersama dua kalimat syahadat mengharuskan terbukanya pintu surga maka wudhu menjadi separuh iman kepada Allah dan Rasul-Nya menurut tinjauan ini,Juga wudhu termasuk cabang cabang keimanan yang tersembunyi yang tak akan dilazimi,kecuali seorang mukmin”.
5.       Jalan menuju surga
Jalan-jalan surga telah dimudahkan oleh Allah azza wa jalla bagi orang yang Allah berikan taufik dan hidayah.Bilal bin Rabah-radhiyaullahu anhu- beliau mendapatkan kabar gembira bahwa ia termasuk penduduk surga sebab ia telah berusaha menapaki jalan diantara jalan-jalan surga.

      Haji dam Umrah
Banyak nash-nash syar’I yang menerangkan tentang keutamaan haji dan umrah diantaranya:
Dari Abu hurairah berkata; Aku mendengar Nabi SAW bersabda,” Barangsiapa melaksanakan haji lalu dia tidak berkata kotor dan tidak berbuat fasik maka dia kembali seperti hari saat dilahirkan oleh ibunya.”
(HR. Bukhari dan Muslim)
Dari Aisyah berkata; sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda ,”tidak ada satu haripun yang dihari itu Allah lebih banyak membebaskan hamba-Nya  dari api neraka daripada hari ‘Arafah,sebab pada hari itu Dia turun kemudian Dia membangga-banggakan mereka didepan para malaikat seraya berfirman, ‘apa yang mereka inginkan?”
(HR.Muslim)

Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar